Home » , , » Cara Budidaya Ikan Gurame, Usaha Hasil Menggiurkan

Cara Budidaya Ikan Gurame, Usaha Hasil Menggiurkan

Usaha budidaya ikan gurame adalah jenis usaha ikan konsumsi yang memiliki peminat yang sangat banyak. Daging yang nikmat membuat ikan ini menjadi populer di jadikan masakan di setiap daerah. Gurame juga bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah jika anda telaten dan ulet membudidayakan ikan lezat yang satu ini. Karena gurame yang selalu kurang di pasaran, hal ini dapat memberikan peluang terhadap anda untuk mulai menekuni bisnis budidaya ikan ini.

Dalam membudidayakan ikan gurame ini, anda juga dapat menggunakan kolam terpal. ini bagi anda yang hanya mempunyai lahan yang tidak terlalu luas. dan bagi anda yang punya lahan luas, anda bisa membuat kolam tanah, dengan cara menggalinya. Nah berikut tips budidaya ikan gurame dengan menggunakan kolam terpal.

Usaha budidaya Gurame,
ikan gurame - wikipedia

Budidaya Ikan Gurame Dengan Kolam Terpal


Dalam pembuatan kolam terpal, anda sebaiknya juga memperhitungkan jumlah ikan yang akan dibudidayakan, jangan sampai jumlah ikan tidak sesuai dengan kapasitas kolam karena dapat membuat ikan menjadi stres dan menghambat pertumbuhan ikan itu sendiri. Untuk ukuran kolam 1 x 1 meter dengan kedalaman 90 cm kurang lebih dapat berisi 10 ekor gurame dengan berat 2. 5 ons, dan apabila ikan sudah beranjak dewasa, maka ikan perlu di pindah/di kurangi.

Dalam pembuatan kolam, ada dua cara yang dapat anda terapkan.

1.   Membuat kolam diatas permukaan tanah, terpal di buat seperti bak kolam dengan kerangka besi atau kayu.

2. Menggali tanah dengan umum kedalaman sekitar 90 cm, kemudian di pasangi terpal dan di beri air.

Jika anda sudah memiliki kolam dengan salah satu cara di atas, langkah selanjutnya adalah mengisi air dan memasukkan ikan gurame. Namun, sebelum memasukkan ikan ke dalam kolam, pastikan kolam sudah bersih dari penyakit agar ikan dapat tumbuh normal nantinya.

Karena terpal memiliki kandungan unsur kimia dalam pewarnaannya, maka sebelum saat dipasang butuh dicuci serta di bersihkan terlebih dahulu. Untuk membunuh patogen kolam yang sudah terisi air ditaburi garam 2 ons/m3. Dan perhatikan juga ikannya, jangan sampai ada ikan yang sudah terkena penyakit di campurkan menjadi satu dengan ikan yang sehat. Sebaiknya di karantina terlebih dahulu sebelum di masukkan kedalam kolam. (baca juga: Cara budidaya ikan lele di kolam terpal)

Pemberian Pakan Gurame

Pakan yang sangat penting dan menjadi makanan pokok nantinya adalah pelet, karena sudah kaya akan protein dan gizinya. Pemberian pelet pada gurami yaitu 2 kali dalam sehari, umumnya di pagi dan sore hari. Selain pelet, anda juga bisa memberi pakan berupa daun-daunan/sayuran. Pakan ini sangat baik dalam pertumbuhan ikan. Daun yang di gemari ikan ini seperti, daun talas, daun singkong, daun pepaya, kangkung, daun ubi jalar, dll.

Walaupun ikan gurameh cukup tahan dengan air yang tidak baik, tetapi air juga sangat perlu dibersihkan dan diganti sebagian (30%) secara periodik. Biasanya penggantian dilakukan satu minggu sekali dengan melakukan shift pond. Air disedot keluar dengan selang atau pompa, kotoran keluar melalui selang tersebut, kemudian diisi kembali dengan air baru. Lebih bagus lagi jika kolam diberi aerator atau filter untuk menambah kadar oksigen dan membersihkan kotoran secara otomatis.

Lakukan bisnis ini dengan ulet dan telaten agar dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan, jangan takut gagal sebelum mencoba. kerja keras adalah kunci keberhasilan. Mungkin cukup sekian postingan tentang budidaya ikan gurame ini, semoga bermanfaat dan semoga berhasil. (baca juga: cara budidaya ikan cupang)

Dan jika artikel ini bermanfaat, silahkan share sesuai sosial media yang anda sukai.