Home » , , » Cara Membedakan Kenari Jantan Dan Betina Menurut Peternak

Cara Membedakan Kenari Jantan Dan Betina Menurut Peternak

Cara Membedakan Kenari Jantan Dan Betina Menurut Peternak. Kenari merupakan salah satu burung kicau yang memiliki peminat yang banyak hingga saat ini, selain warna bulu yang variatif, suara merdu yang ia miliki juga alasan mengapa banyak orang yang terpikat untuk memeliharanya. Dilihat dari begitu banyak peminat dari burung ini, beternak burung kenari bisa menjadikan prospek usaha yang bagus untuk di jalankan. Tapi yang jelas pahami terlebih dahulu membedakan kelamin jantan dan betina kenari sebelum menjalankan usaha ini.

Selain itu, sebelum anda mencoba untuk menjalankan usaha ini, alangkah baiknya anda mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan burung kenari, misalnya saja cara membedakan kelamin kenari, cara merawatnya, pakan burung kenari, dan masih banyak lagi tentunya. Hal ini bertujuan agar nantinya bisa mempermudah anda untuk menjalankan usaha yang satu ini. (baca juga: Cara sukses beternak burung lovebird bagi pemula)

Nah, disini saya akan menjelaskan bagaimana cara membedakan kenari jantan dan betina, walaupun sebetulnya gampang-gampang susah untuk membedakannya. Jadi simak baik baik tips dari saya berikut ini.

membedakan kelamin kenari, jantan atau betina secara lengkap dari peternak


Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina

1.   Pada saat usia 3 hari, pembuluh darah vena di bagian perut menuju ke arah dubur, maka dapat di pastikan kenari itu adalah jantan, sedangkan pada betina, pembuluh darah vena itu tidak akan tampak. sebaiknya hal ini segera di lakukan sebelum bulu-bulu kenari mulai tumbuh.

2.   Melihat dari segi jarak lompatan, lompatan yang jauh dapat di pastikan itu adalah kenari jantan, sedangkan jika lompatan itu jaraknya pendek, maka dapat di pastikan itu adalah kenari betina. Namun dengan metode ini akan lebih sulit jika burung kenari tersebut berada di dalam sangkar.

3.   Cara berikutnya yaitu dengan melihat pusat paling bawah kaki. Pusat kaki yang paling panjang ada 3 telapak kaki yang memiliki panjang yang sama. Kenari jantan memiliki pusat kaki yang panjang dan sulit untuk bergabung dengan kaki yang lain. Sedangkan kenari betina kakinya mudah untuk bergabung, karena ketiga telapak kaki kenari betina memiliki ukuran yang sama panjang.

4.   Membedakan dari bentuk kepala kenari, kenari jantan bentuk kepala lebih datar dan pipih, sedangkan kenari betina sedikit agak bulat. Saat usia 6-7 hari, anakan kenari akan mulai membuka mata, mata kenari jantan akan sejajar dengan paruhnya, sedangkan kenari betina tidak sejajar dengan paruhnya, hal ini karena kepala kenari betina yang lebih bulat.

5.   Dilihat dari segi bentuk dubur (kloaka), kenari jantan bentuk dubur lebih menonjol keluar, sedangkan kenari betina bentuk duburnya terlihat lebih datar atau rata.

6.   Dari segi suara, kebanyakan menurut pengalaman penulis, kenari jantan akan mulai belajar berkicau/ngeriwik pada usia 3 bulanan dan akan rajin berkicau dengan banyak variasi lagu pada saat dewasa. Sedangkan kenari betina pada umur yang sama, tidak rajin bunyi, dan mungkin hanya bunyi ngecrit saja.

Nah itulah tips dari saya untuk Membedakan kelamin kenari jantan dan betina, jika anda sudah memahaminya, anda dapat mencoba usaha ternak kenari yang menjanjikan.
Sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Silahkan baca artikel mengenai usaha-usaha sampingan yang menggiurkan di blog ini.

Apabila artikel cara membedakan kenari jantan dan betina ini bermanfaat bagi anda dan anda ingin memberitahukan kepada teman anda, silahkan share dengan memencet tombol share di bawah ini sesuai sosial media yang anda inginkan. Sekali share dari anda merupakan suatu kebanggaan dari kami.