Home » » Cara Beternak Burung LoveBird Sukses Bagi Pemula

Cara Beternak Burung LoveBird Sukses Bagi Pemula

Beternak burung love bird merupakan usaha yang lumayan untuk dijalani bagi anda yang hobi atau pecinta burung yang satu ini. Karena selain merupakan hobi bagi anda, kan lebih baik lagi jika dari hobi tersebut anda bisa memperoleh keuntungan atau bisa dikatakan tambahan penghasilan yang masuk ke kantong anda. Dari yang mulanya hanya sekedar hobi, pecinta, hingga menjadi pengusaha ternak burung lovebird ini.

Namun kesempatan untuk membuka usaha ternak lovebird ini, tidak hanya bagi anda yang sudah hobi, bagi pemula pun bisa mencoba menjalankan usaha ternak yang satu ini. Jika dilihat di pasaran, konsumen burung lovebird masih dikatakan stabil dan bahkan di daerah tertentu, peminatnya bertambah seiring berjalannya waktu. (baca juga : cara usaha beternak kenari lokal)

Selain itu, burung lovebird merupakan burung yang tidak musiman, karena para pecinta tetap atau bisa dikatakan pecinta abadi bagi burung ini masih banyak diluar sana. Penulis sendiri merupakan pecinta burung yang satu ini, selain dari suaranya yang merdu, warna yang begitu indah dan gerak-gerik yang lucu menjadi kesenangan tersendiri dan juga bisa menghipnotis perasaan ketika sedang tidak mood menjadi senang. Dan mungkin juga sama apa yang dirasakan oleh pecinta burung lovebird yang lainnya.

Beternak burung love bird bagi pemula ini cocok untuk usaha sampingan dan hobi

Jadi apa saja yang perlu disiapkan untuk menjalankan usaha sampingan yang satu ini? dan apa saja teori tentang penunjang keberhasilan usaha ternak burung ini? berikut penulis akan bagikan tips-tips yang penulis dapatkan dari kerabat yang sudah menjalankan usaha ternak lovebird di rumahnya dan saya bisa katakan sukses dan berjalan dengan baikdan lancar. Simak baik-baik berikut ini.

Kandang Ternak Burung Love Bird

Yang pertama perlu anda siapkan untuk beternak lovebird adalah kandang ternak. Dimana kandang ternak anda bisa memesan atau membuat sendiri dari kayu dan jaring-jaring besi. Dengan ukuran sesuai luas tempat anda. Misalkan saja saya beri contoh, membuat kerangka layaknya lemari dengan luasnya 2 meter, lebar 1 meter, dan tinggi 2 meter.

Kemudian di dalam kandang beri sarang untuk bertelur berupa kamar-kamar yang terbuat dari papan ataupun triplek yang tertutup dan hanya diberi lubang untuk keluar masuknya indukan. Satu kamar untuk satu indukan burung lovebird.

Sediakan Indukan Burung LoveBird 

Jadi siapkan indukan yang berkualitas dan sudah terbukti bisa menghasilkan anakan burung love bird. Karena burung yang satu ini, walaupun sesama betina pun juga bisa menghasilkan telur, tetapi tidak bisa menetas. Jadi yang perlu anda pahami yaitu membedakan jenis kelamin pejantan dan betinanya. Usahakan anda membuat kesepakatan dengan penjual burung lovebird sebelum membelinya, apabila burung yang anda beli ternyata betina semua, dan tidak menghasilkan anakan.

Untuk usia indukan burung love bird yang sudah bisa untuk di ternakkan yaitu untuk pejantan bisa membuahi pada umur 8 bulan keatas, sedangkan untuk betinanya pada kisaran umur 1 tahunan.

Menjodohkan Dan Mengawinkan Burung Love Bird

Masukkan para indukan lovebird pada kandang yang telah anda siapkan. Nantinya indukan akan jodoh dengan sendirinya, karena penjodohan burung lovebird ini relatif mudah. Tunggu hingga beberapa hari hingga indukan kawin dengan sendirinya.

Apabila indukan sudah bertelur, untuk menetas biasanya memerlukan waktu 21 hari, namun ada juga yang menetas hingga 27 hari pengeraman. Dan pada saat pengeraman, anda harus mengecek agar makanan yang tersedia selalu ada. Anda juga bisa menambahkan makanan tambahan berupa voer ayam dan juga bubur bayi.

Anakan Burung Love Bird

Setelah telur mentas, biarkan anak love bird ini dirawat sendiri oleh sang indukan. Yang perlu anda lakukan adalah hanya menyediakan pakan dan minumannya. Pakan anda bisa membeli di toko burung. Atau anda bisa juga memberi pakan anakan berupa susu bubuk bayi SUN.

Biasanya setelah sekitar berumur 15 hari atau bisa lebih, anakan sudah mulai untuk keluar dari sarangnya. Pada saat ini anda akan merasa senang sekali melihat anakan dari burung cantik ini. Selalu jaga kebersihan kandang agar tetap dalam kondisi bersih, agar anakan burung maupun indukan tetap dalam keadaan sehat dan terjauh dari penyakit.

Itulah beberapa tindakan yang perlu anda lakukan dan siapkan untuk memulai usaha beternak burung love bird. Silahkan anda coba, dan saya doakan semoga anda berhasil. Apabila artikel ini bermanfaat bagi anda, tidak ada salahnya jika anda berbagi kepada teman maupun kerabat anda dengan cara share artikel cara ternak burung love bird ini ke berbagai tombol share media sosial di bawah ini yang anda sukai, dan hal itu merupakan harapan penulis sebagai bentuk penyemangat untuk berbagi tentang segala usaha ternak dan budidaya lainnya. Setelah sukses dengan ternak love bird, anda juga bisa coba usaha budidaya jamur tiram di rumah.